Indonesia | Hokkien | Mandarin

HOKKIEN
1.Lu mia amik? : Sapa nama ko?
2. Kui che lui? : Berapa duit/harganya (nanya harga)
3. Wa ai khi khua hi : Aku mo nonton?
4. Bo lui bo cabo lo : Gak ada uang gak ada cewek
lohh :cry:
5. Wa ai ciak phui seng : Aku mau makan dulu
6. ane siau lu : Gila kali kau
7. Bo Peng iu : Gak kawan (es ke te)
8. Tan seng a : Tunggu ntar ya....
9. Ane gau lo lu : Pande kali ko ahhh...
10. Bo kiam tampok : Gak bisa kurang (nawar2
barang :deal: )
1.Benci kali aku sama kau : Wa lo lu
2. No telp mu berapa? : Lu tien ua khui ho?
3. Boleh kenalan gak? : E sai sio bat bo?
4. Jangan marah ya... : Mai me ya...
5. Kamu tinggal dimana? : Lu tua khi ta lok?
5. Tanganmu lembut deh : Lu e chiu ane iu
6. Kamu lagi ngapain? : Lu lagi comi kin?
7. Saya mau pergi kerja : Wa ai khi co kang
8. Bodoh kali kau... : Ane gong lo lu...
9. Aku rindu kamu : wa rindu kak lu
10. Aku lagi bete : Wa ane ce su siong
ciak pa boi ? = uda makan blum ?
lu ai ciak bo ? = kamu mau makan ga ?
wahh ane ho liau = wah enak banget
bo kau hiam = kurang pedes
u bo - adakah?
ce peng = di sini
ai bo = mo gaaa?
wa = saya
jakarta e lang = orang jakarta
e hiau kong = bisa ngomong
e hiau thia = bisa dengar
be hiau kong = tidak bisa ngomong
ako = tante
kong = bilang/ngomong
gong = bego
khiau sen = org Jakarta
Ciak seng = makan dulu
kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
apa kabar = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
tidak = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe
aku mau pergi = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi =
pergi)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku mau minum = Wa Ai Lim (Lim = minum)
aku lupa = Wa Beki (Beki = lupa)
Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui
1= cit 2=no 3=sa 4=si 5=go 6=lak 7=jhit 8=phe
9=kaw 10=cap
11=cap it 12 = cap ji ....
100 =che pha 200 = no pha 300 = sa pha 101 = ce-pa-
it 111 ce-pa-cap-it
1000 = che ceng 2000 = no ceng 3000 = sa ceng 1001
= ce ceng it 1500 = ce ceng go pha
10000= che ban
1.000.000   = che tiaw
belajar = o che
musuh / ga akur = bo gam
rumah = chu
kiri = cia
kanan = to
depan / maju = thau ceng
belakang = auboi
mundur = to the
sio sim ar = ati2x
wa ai teng liau ar = aku juga udah ngantuk/ aku sudah
mau pulang
ai khun liau = udah mau bobo
lu ciak pa boi = kamu dah makan belum?
wa aboi ciak = aku blm makan
wa khi cui pang senk ya = aku ke toilet dulu ya
boi cai = belum tau
tan khua senk = ntar lihat dulu
boi la = belum lah
boi ar = belum lah
ciak pa liau = udah makan/makan udah -> Makan sudah
kenyang
lu ce kang kin bo?? = kamu sibuk ya
ciak hamik ar = makan apa
boi ciak = blon mkn
ciak kin = lg makan
wa uan sunway pyramid liau = aku udah sampe sunway
pyramid
tan wa ai khi be amplop = ntar aku mau pergi beli
amplop
ciak hamik = makan apa
mai be ki ciak ya = jangan lupa makan ya
lu boi ciak ? = kamu belum makan
cang ek = mandi
wa lang ciak yuk = kita orang makan yuk
mai la = jangan lah
mai phai si = jangan malu malu
kin jit wa chin khi ce lo liau = hari ini aku timbang naik
satu kilogram sudah
co phai se = Malu Malu in/Mamalukan
KOSA KATA
=========
ai = cinta/sayang
ai = mau
bo = tidak
boi = belum
cai = tau
ciak = makan
liau = udah
lu = kamu
khua = lihat
senk = dulu
tan = ntar/nanti
teng = pulang / ngantuk
wa = aku
pa = sudah
mai = ga mau/jangan
uan = sampe
khi = pergi
be = beli(nada naik)/jual(nada turun)
mai = jangan
phai si = Nakal
Phai se = malu malu
lui = uang
kit jit= hari ini
chin= timbang
khi= naik
lo =kg
ceng = tumbuk/hantam
kuai = licik
bae = ho
kemaren = came
besok = miacai
lusa = aujit
senen = pai it
selasa = pai ji
rabu = pai sa
kamis = pai si
jumat = pai go
sabtu = pai la
minggu = le pai
tidur = khun
sekolah = tha che
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film apa? : ai khua ha mi?
Kamu benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui
ku ca tua khi medan = dulu tinggal di medan
tapi i lang pua khi jkt liau = tapi mereka akhirnya
pindah ke jakarta
wa kau lak hoi tua khi medan = aku sampe umur 6
tahun tinggal di medan
amang yang heng le? Jadi..siapa yang bayar?
menikah = chut ke
sedikit = tampo
dikit2 musti bs ngomong = tampo2 e hiao kong
u lang mui ko = ini ada yg nanya lagi
tiong = tengah
rajawali = lao eng
terbang = poei
wa ane pato yau >> aku laper banget
perutku mules pengen ke toilet >> wa pato thia ai khi ca
aikeng
cia pa sio eng = susah jelasinnya
wah...ane song ya bo kang co = wah...enak ya ga ada
kerjaan
Ke = keluarga
An = selamat
tempai hip siau eng khi ho peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget...)
Mungkin pua khi mangga besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang lebih besar)
E sai = boleh
Bo ti = ngga ada
Ti = ada
Kai = ajarin
Chio = senyum
Gu = sapi
Chau = bau
Than = dapat
Sia = tulis
Bo yao kin = gpp
An cua = gimana
Kua = lagu
Kai = orang
Emsi = bukan
Thau yam = intip
Siau eng = foto
A boi u = belum punya
Mia = nama
lam >> biru
hua >> bunga
u >> ada
thikong = langit
chut si = lahir di
peng yu = teman
siang = sama
tham cia = seneng mkn
tong kim = sekarang
tem pai = dulu
siau eng = anak perempuan
cin e = beneran
kui hoi = brp thn
nie = thn
gwe = bln
hakseng = murid
saya haus sekali, mau air es = wa a ne chuita, gien lim
leng cui
lok ho = hujan
boleh kenalan nggak? = e sai sio bat bo?
namamu siapa? = lu a mi mia?
blh jd temenmu nggak? = e sai co lu e peng yiu bo?
Li = main
ma nia lok, ma nia theng, tan lok kok, tiam-tiam lok
sebentar turun ujan, sebentar berhenti, ntar ujan lagi,
terus
Buang = bwang
tidur sampe ngiler=khun lau nua
khui = buka
hau = nangis
a mi = apa
terima kasih kembali = mien khek khi (gak usah
sungkan2) ato mien (gak usah) ato biau kin (gak apa2)
ke piak = sebelah
ho liau = enak (makanan)
hiam cio = sambal
kang hu = ilmu
se jit = ultah
wa kin gu'e se jit = saya bln ini ultah
kuku >> cengka
kaki >> kha
kakekku >> wa e akong
kaku >> ba
wa mai co lang e se ie << tak mau jd istri muda
wa boi u bo le <= saya belum ada istri
mai shi shua kong le <= jangan sembarangan ngomong
wa ane ai lu mush <= saya gitu cinta sama kamu mush
e hiau = bias
ancua = gimana
Tak ta ko gwe masi u cap go meh.. Che cap go ame,
masi cap go meh lo...
Trans : Tiap bulan juga ada malam 15.. Hari ke 15
malam, ya malam 15 lo..
Oh iya.. Ai cia tiong chiu pia liau ho... Wuih... Pien lau
nua khi.. Ai kio mama kia lai pa sia ah.. ^^
Trans : Oh iya... Dah mo makan kue bulan ya... Wuih...
Jadi ngiler.. Mo nyuruh mama kirim ke jakarta ah.. ^^
Hahaha... Bo kho leng pien be hiau kong hokkien hua
la.. Uan chu tak ta jit juga kong hokkien hua.. ^^
Trans : Hahaha... Ga mungkin jadi ga bisa ngomong
hokkian.. Di rumah, tiap ari juga ngobrol hokkien.. ^^
senior 7th, lu ai nyusul lu e bo ki he peng yo ?
senoir 7th, lu mau nyusul bini lu disana ya?
cewe = Cabo
cowo = Tapo
botol = Kuan
gelas = Tepoi
ingat = Eki
lari = Cau
kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
apa kabar = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
tidak = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe
pacar = Ailang (bukan aling yah)
aku mau pergi = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi =
pergi)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku mau minum = Wa Ai Lim (Lim = minum)
aku lupa = Wa Beki (Beki = lupa)
aku dah punya pacar = Wa U AiLang Liao (U Ailang Liao
= udah punya pacar)
Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui kalo
Saya mau Pupi alias Boker = Wa Ai Pang Sai
wa = saya
lu = kamu
ciak = makan
hamik = apa
hamang = siapa
mia = nama
lu mia hamik? = namamu siapa?
ai = mau, ingin, cinta
wa ai lu = aku cinta kamu
wa ai ciak = aku mau makan
chu = rumah
cai = sayur; mengetahui
em cai = ngga tau
sui = cantik
siaw = gila
bae = ho
kemaren = came
besok = miacai
lusa = aujit
emsi = bukan
wa lagi bo kang co = Gw lage ngak ada kerjaan
Nama lu siapa? = lu mia ha mik?
Nama gua A Hoo = wa mia a hoo
Hobby lu apa? = lu e hobi ha mik?
Lu udah kerja ato masih kuliah? = lu si co kang liau atau
masih thak tua ok?
Kerja di mana? = co kang khi ta lok?
Ntar malem mau nggak makan bareng? = ki me ai pe2
khi ciak bo?
jangan ganggu aku = Mai cong ti wa..
ie laotse ka liau bo eng = guru2nya pada sibuk
an cua le...? = jadi gimana dong ?
ce peng e ok seng mana e kong, kalo ie laotse ane bo
eng = mana bisa belajar disini, kalo guru2nya pada
sibuk ( benerin ya klo salah, hokkien gw jg gak terlalu
lancar...)
laotse aling, ane ku bo jib, cumisu? bo eng kin hami? =
guru aling lama banget gak masuk, knapa ? sibuk apa ?
kamu cantik = lu hok sui
cu mik = apa / kenapa
ha mik su = ada apa
ha mik lai = apa itu
ane = banget
tui = pulang
siau = gila
^BAHASA MANDARIN^
Pada umumnya, setiap nama orang Cina terdiri
dari 3 kata. Kata pertama dalam nama orang Cina
merupakan nama keluarga atau marga. Contoh :
周润发 Zhou Runfa (Chow Yunfat) dan 刘德华 Liu
Dehua (Andy Lau), 张子怡 Zhang Ziyi, maka Zhou
dan Liu merupakan nama keluarga atau marga.
Masyarakat Cina sangat menghormati marga, oleh
sebab itu, pada saat menanyakan nama,
masyarakat Cina biasa menggunakan kalimat :
请 问您贵姓?* Qǐng wèn nín guì xìng ? : Apa
marga anda?. Secara harafiah, kata 贵 guì
berarti: mahal atau berharga.
请 问您贵姓?* Qǐng wèn nín guì xìng ? : Apa
marga anda?
你 叫什么名字?nǐ jiào shénme míngzì? : Siapakah
nama kamu?
我 叫 Wǒ jiào………. : Nama saya………………
认 识你,我很高兴 Rènshí nǐ wǒ hěn gāoxìng :
Senang berkenalan dengan kamu
我 怎么称呼您?* Wǒ zěnme chēnghū nín? :
Bagaimana saya harus memanggil anda (siapa
nama anda?)
他 是谁? Tā shì shéi ? : Siapakah dia?
我 来介绍一下儿 Wǒ lái jièshào yī xiàr : Saya
perkenalkan
* 请 问您贵姓? (Qǐng wèn nín guì xìng) merupakan
kalimat yang sangat sopan dan penuh
penghormatan untuk menanyakan marga
seseorang. Kata贵(guì) dalam kalimat ini berarti
menandakan sesuatu yang mahal, berharga, dan
sangat terhormat. Untuk menjawab kalimat ini
adalah dengan langsung mengatakan我姓……..( wǒ
xìng……).
* 我 怎么称呼您? (Wǒ zěnme chēnghū nín?) adalah
kalimat yang sangat sopan dan formal untuk
menanyakan nama seseorang. Kalimat ini biasa
digunakan untuk menyanyakan nama seseorang
yang belum dikenal sebelumnya, seperti
menanyakan nama rekan sekerja, atau rekan
bisnis. 你叫什么名字?(nǐ jiào shénme míngzì?)
adalah kalimat untuk menanyakan nama
seseorang namun tingkatannya tidak terlalu
formal. Kalimat ini digunakan untuk menanyakan
nama kepada orang yang lebih muda atau teman
sebaya. Dalam percakapan sehari-hari, kalimat你叫
什么名字?(nǐ jiào shénme míngzì?) dapat disingkat
menjadi 你叫什么? (nǐ jiào shénme?), jawaban
kalimat ini adalah我叫+nama (Wǒ jiào+nama).
Pengisi suara: ADeLia, 林俊安(Lin Jun’an)
Bahan Ajar, Kosa Kata, Level 1 oleh: ADeLia
Menanyakan nama seseorang adalah hal yang
sangat umum dalam kehidupan sehari-hari, namun
kadangkala dalam Bahasa tertentu, kita tidak bisa
sembarangan menggunakan kata-kata. Bahasa
Mandarin sangat memperhatikan pemilihan kata
dalam percakapan, baik untuk menanyakan nama,
pekerjaan, umur atau alamat, semuanya sangat
beragam. Kata yang digunakan untuk menanyakan
nama kepada seseorang yang lebih tua atau lebih
dihormati berbeda dengan kata-kata yang
digunakan untuk kaum sebaya atau lebih kecil,
berikut adalah kata-kata yang biasa
ditemui ketika kita ingin menanyakan nama
kepada seseorang dalam bahasa Mandarin.
Kosa Kata untuk Menanyakan Nama
请问 Qǐngwèn: Mohon tanya/permisi
贵 guì: Mahal, berharga
姓 xìng: Marga
叫 jiào: Panggil
什么 shénme: Apa
名字 míngzì: Nama
认识 rènshí: Kenal
高兴 gāoxìng: Senang
怎么 zěnme: Bagaimana
称呼 chēnghū: Memanggil
是 shì: Adalah
谁 Shéi: Siapa
来 lái: Mari
介绍 jièshào: Perkenalkan
一下儿 yīxiàr: Sebentar
先生 xiānshēng: Tuan
小姐 xiǎojiě
Bahan Ajar, Latihan , Level 1 oleh: ADeLia
Berikut ini adalah latihan latihan yang dapat kita
lakukan untuk menyapa seseorang dalam bahasa
mandarin, latihan ini sangatlah sederhana dan
mudah untuk di ikuti dan di pelajari, lakukan
latihan ini berulang ulang, kalau bisa dibantu
dengan kawan untuk membiasakan diri agar tone
mulut dan lidah dapat melafaskan nya dengan
baik dan benar.
I. Pilihlah Pinyin yang tepat untuk rekaman suara
di bawah ini :
1. 你 好
a. nǐ hǎo
b. mǐ kào
c. ní hóu
d. ní háo
2. 很 好
a. gēn hào
b. hěn hǎo
c. hěn hào
d. kěn hǎo
3. 我 很好
a. mó gēn kào
b. wò hèn hào
c. wò kěn gāo
d. wǒ hěn hǎo
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang benar
1.A : 医生 (yī shēng)……………..
B: 你好 (nǐ hǎo)!
2.A :他好吗 (tā hǎo ma)?
B : ……………………………..
3. A : 我很好,你好吗 (wǒ hěn hǎo,nǐ hǎo ma)?
B : ……………………………..
Ditulis pada: 4 May, 2008 dalam: Bahan Ajar, Kosa
Kata, Level 1 oleh: ADeLia
Untuk bisa menyapa seseorang dalam Bahasa
Mandarin, berikut adalah beberapa kosa kata yang
sering digunakan. Kumpulan kosa kata dalam
bahasan sapaan terdiri dari beberapa kata yang
mudah untuk di ingat, semua kosa kata ini
sangatlah sederhana dan mudah untuk dipelajari,
dengan melatih mengingat dan memprakteknya
maka kita dengan mudah dapat
mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari hari.
你 nǐ: Kamu
您 nín: Anda
好 hǎo: Baik
吗ma: Apakah
我 wǒ: Saya
很 hěn: Sangat
也 yě: Juga
他 tā: Dia (umum)
她 tā: Dia (hanya untuk Perempuan dalam
tulisan)
他 们 tā men: Mereka
你 们 nǐ men: Kalian
我 们 wǒ men: Kami/ kita
都 dōu: Semua
老 师 lǎo shī: Guru
医 生 yī shēng: Dokter
Cara Menanyakan Nama dalam Bahasa Mandarin
Kalimat Umum:
Catatan :
Kosa Kata yang Biasa Digunakan untuk
Menanyakan Nama dalam Bahasa
Latihan Menyapa dalam Bahasa Mandarin
Latihan untuk tema “Menyapa”
Kosa Kata untuk Menyapa dalam Bahasa Mandarin
Kosa kata dalam menyapa
Mengenal Warna dalam
Bahasa Mandarin
Bicara tentang warna, sepertinya hal satu ini
sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Warna merupakan hal yang sangat disukai
banyak orang dan menjadi satu corak dalam
kehidupan, bahkan aura setiap orang juga bisa
dilihat dari warna.
Di belahan dunia manapun kita bisa
menjumpai warna-warna yang indah.Warna
bendera bangsa kita yang agung mempunyai
makna merah berarti berani dan putih berarti
suci, sedangkan di China terkenal dengan
warna merah yang melambangkan kejayaan,
kemakmuran, kesejahteraan dan
kebahagiaan….ayo kita mulai Mempelajari
warna dalam Bahasa Mandarin .
Kalimat Umum :
你喜欢什么颜色? Nǐ xǐhuan shénme yánsè :
Kamu suka warna apa?
我喜欢蓝色 Wǒ xǐhuan lán sè : Saya suka warna
biru
我要买红色的衣服 Wǒ yào mǎi hóngsè de yīfú :
Saya ingin membeli pakaian berwarna merah
Kosa Kata :
颜色 Yánsè : Warna
黑色 Hēisè : Hitam
灰色 Huīsè : Abu-abu
浅蓝色 Qiǎn lán sè : Biru muda
棕色 Zōngsè : Coklat
红色 Hóngsè : Merah
黄色 Huángsè : Kuning
白色 Báisè : Putih
蓝色 Lán sè : Biru (umum)
粉红色 Fěn hóng sè : Merah muda
橘橙色 Jú chéng sè : Oranye
紫色 Zǐsè : Ungu
绿色 Lǜsè : Hijau
喜欢 Xǐhuan : Suka
买 Mǎi : Membeli
衣服 Yīfú : Pakaian
Tata Bahasa:
“的”de merupakan partikel yang menunjukan
kepemilikan, pola kalimat yang menunjukan
kepemilikan dalam bahasa Mandarin
berkebalikan dengan pola dalam bahasa
Indonesia. Contoh :
Pakaian = 衣服 Yīfú
Saya = 我 Wǒ
Pakaian Saya = 我的衣服
Dalam hal ini 的de berperan sebagai partikel
yang menunjukan kepemilikan. oleh karena
itu untuk menerangkan kalimat kepemilikan,
的de diletakkan diantara hal yg menerangkan
dan diterangkan. Contoh :
她的电话号码 Tā de diànhuà hàomǎ Nomor
teleponnya
我们的家 Wǒmen de jiā Rumah kami
你的名字 Nǐ de míngzì Nama kamu
白色的衣服 Báisè de yīfú Pakaian putih
Kosa Kata Bulan dan Hari
dalam Bahasa Mandarin
China sangat terkenal dengan sistem
penanggalan Kalender Bulan (Lunar Calendar)
yang sudah digunakan selama ribuan tahun.
Sampai saat ini Bangsa China diseluruh dunia
masih menerapkan sistem penanggalan
mereka dalam kehidupan sehari-hari
disamping juga menggunakan sistem kalender
masehi, maka jangan heran jika setiap orang
China bisa ulang tahun sebanyak 2 kali.
Sistem penanggalan Kalender Bulan ini cukup
rumit, karena itu mari kita mulai dengan
kalimat sederhana sederhana dan umum
untuk penanggalan masehi dalam bahasa
Mandarin….Selamat belajar
Nama bulan dalam bahasa Mandarin cukup
mudah sebagai contoh:
bulan Mei (五月) Wǔ
yuè (Bulan ke-5) , 五=5, 月=Bulan. Jadi
nama bulan Januari-Desember dalam bahasa
Mandarin adalah :
一月Yī yuè : Januari
二月 Èr yuè : Februari
三月 Sān yuè : Maret
四月 Sì yuè : April
五月 Wǔ yuè : Mei
六月 Liù yuè : Juni
七月 Qī yuè : Juli
八月 Bā yuè : Agustus
九月 Jiǔ yuè : September
十月 Shíyuè : Oktober
十一月 Shí yī yuè : November
十二月 Shí èr yuè : Desember
Sama saja dengan nama-nama hari, dalam
Bahasa Mandarin hari Senin-Sabtu juga
dipresentasikan dengan angka, seperti ini:
星期一 Xīngqí yī : Senin
星期二 Xīngqí èr : Selasa
星期三 Xīngqí sān : Rabu
星期四 Xīngqí sì : Kamis
星期五 Xīngqí wǔ : Jumat
星期六 Xīngqí liù : Sabtu
星期天/日 Xīngqí tiān/rì : Minggu
Di Taiwan, kebanyakan orang menggunakan
kata 礼拜 Lǐbài, Contoh: 礼拜一Lǐbài yī: Senin ~
礼拜天 Lǐbài tiān: Minggu
Nah kalau Di China daratan ada juga yang
menggunakan kata 周 Zhōu, Contoh: 周一 Zhōu
yī : Senin ~周日 Zhōu rì : Minggu
Kosa Kata untuk Tanggal dan
Hari dalam Bahasa
Mandarin
Menanyakan hari dan tanggal, merupakan
kalimat yang sering ditemukan dalam
percakapan sehari-hari. Dalam Bahasa
Mandarin Kalimat seperti ini lebih kurang
sama dengan kalimat menanyakan hari dalam
bahasa Indonesia atau Inggris, namun untuk
nama-nama hari dan tanggalnya sedikit
berbeda. Ini dia cara menanyakan hari/tanggal
dalam bahasa Mandarin… Semoga bermanfaat.
Kalimat Umum :
今天是几月几号? Jīntiān shì jǐ yuè jǐ hào? : Hari
ini tanggal berapa?
今天是五月二十号 Jīntiān shì wǔ yuè èr shí hào :
hari ini tanggal 20 Mei
明天是星期天,明天我去市场 Míngtiān shì xīngqí
tiān, míngtiān wǒ qù shìchǎng : Besok hari
minggu, besok saya pergi ke pasar
你什么时候回中国? Nǐ shénme shíhou huí
zhōngguó? : Kapan kamu kembali ke China?
Kosa Kata:
昨天Zuótiān: Kemarin
今天Jīntiān: Hari ini
明天Míngtiān: Besok
后天Hòutiān: Lusa
星期/礼拜/周 Xīngqí/lǐbài/zhōu : Minggu
月 Yuè: Bulan
年 Nián: Tahun
天 Tiān: Hari
日/号 Rì/hào: Tanggal
去 Qù: Pergi
来 Lái: Datang
回 Huí: Kembali/pulang
什么时候 Shénme shíhou: Kapan
美国 Měiguó: Amerika
印尼 Yìnní: Indonesia
中国Zhōngguó: China
1. Wo ai ni
( wo ai ni ) 我 爱

Aku cinta kamu
2.Wo ye ai ni
( wo ye ai ni) 我
也 爱 你
Aku juga cinta kamu
3. Zhu ni shengri kuai le…!
( cu ni shengre khuai le’) 祝你生日
快乐
Selamat ulang tahun…!
4. Zhu ni xinnian kuai le…! ( cu ni sin nien khuai le’) 祝你
新年
快乐
Selamat tahun baru…!
5. Huanying guanying…!
( huan ing kuan ing) 欢迎观影
Selamat datang…!
6. Ni hao…!
( ni hao ) 你好
Hai…!
7. Ni hao ma….?
( ni haow ma…?) 你 好 吗….?
Bagaimana kabarmu…?
8. Wo hen hao, ni ne..?
( wo hen haow, ni ne…?) 我 很 好 , 你呢?
Saya baik – baik saja, dan kamu…?
9. Hao jiu bu jian, zuijin zenmeyang...?
( haow jiu pu jien, zuicin zemeyang…?) 好久不见,最近怎
么样?
Lama tidak lihat kamu, bagaimana kabar akhir-akhir ini?
10. Zao an…!
( cao an …!) 早安…!
Selamat pagi
11. Zhong wu hao…!
( chong uw haow…!) 中午好。。。!
Selamat siang
12. Xiawu hao…!
( sia uw haow…!) 下午好
Selamat sore
13. Wanshang hao…!
( wansang haow…!) 晚上好
Selamat malam
14. Zai jian …! ( cai jien ) 再见
Sampai jumpa lagi.
15. Qing wen…!
( jing wen…! ) 请问
Permisi tanya…!
16. Qing ni xiao xin
( jing ni siao sin)
Kamu, hati-hati ya…!
17. Man – man zou…!
( Man-man cou…!) 慢慢走
Jalan pelan–pelan
18. Mingtian women jian mian hao ba…!
( mingtien women jien mien haow pa…!) 明天 我们 见面 好

Besok kita ketemuan ya…!
19. Yihou wo gei ni da dianhua…!
( iihaow wo kei ni ta tienhua…!) 以后我给你打电

Ntar..! aku telpon kamu.
20.Gei wo fa duan xin…!
( kei wo fa tuan sin…!) 给我发短信
Kirim aku sms dong…!
21. Jintian wanshang women kan dianying hao ma…?
( jintien wanshang women khan tien-ing haow ma?) 今天
晚上我们看电影好吗。。。?
ntar malam kita nonton bioskop yuk…!
22. Qing ni bang wo zhaoxiang…!
( jing ni pang wo zaosiang…!) 请你帮我朝向
Tolong foto aku dong…!
23. Qing jin, qing zuo…! ( jing cin, qing cuo…! ) 请进,请

Silahkan masuk, silahkan duduk…!
24. Xie-xie…!
( sie – sie )谢谢
Terima kasih
25. Dui bu qi
( tuie pu ji) 对不

Maaf ya…!
26. Mei guanxi….!
(mei kuan si…!) 没关系
Tidak masalah…!
27. Wo hen gaoxing…!
( wo hen kaosing…!) 我很高兴
Saya sangat senang sekali
28. Ni hen pioliang …!
( Ni hen phioliang) 你很漂亮
Kamu cantik sekali
29. Ni hen suai …! ( ni hen suai…!) 你很素爱
Kamu tampan sekali
30. Ni jiao shenme mingzi…?
( ni jiao shem me mingce…?) 你叫什么名字。。。?
Siapa nama anda…?
31. Wo jiao budi, ni ne…?
( wo jiao budi ni ne…?) 我叫budi 你呢?
Nama saya adalah budi, dan kamu…?
32. Dui buqi mafan ni …!
( tui pu ji mafan ni…!) 对不起麻烦你
Maaf merepotkan kamu…!
33. Ruguo wo pei ni qu hao ma…?
( rukuo wo phei ni ju hao ma?) 如果我陪你去好
吗。。。?
Bagaimana kalau aku temani kamu pergi…?
34. Deng yixiar….!
( teng ii siar…!) 等一下人
Tunggu sebentar ya…!
35. Dangran…!
( tangran…!) 当然
Tentu saja…!
36. Ni qu nar…?
( ni ji nar…?) 你去哪儿
Kamu mau pergi kemana…?
37. Wo qu shichang mai yifu
( wo ji shechang mai iifu) 我去市场买衣服
Saya ke mall beli
baju
38. Zhe jian yifu duoshao qian…?
( ce jien iifu tuoshao jien…?)
这 件 衣服 多 少 钱
Berapa harga baju ini…?
39. Zhe ge hen gui…!
( ce ke hen kui…!) 这 个 很 贵…!
Mahal sekali…!
40. Gei wo pianyi yidianr…!
( kei wo pianyi ii tienr…!) 给我便宜哟点儿
Kasih murahan dikit dong…!
Kosa Kata untuk Menyampaikan
Suasana Hati dalam Bahasa Mandarin
” 多少风雨绝不会消除我眼睛里的微笑——Duōshǎo fēngyǔ
jué bù huì xiāochú wǒ yǎnjīng li de wéixiào
Betapapun hujan badai, tak akan men ghapus
senyum di mataku ”
中文朋友大家好 Zhōngwén péngyǒu dàjiā hǎo —— Hai
sahabat Mandarin. 你们现在心情怎么样? Nǐmen xiànzài
xīnqíng zěnme yàng? —— Bagaimana suasana hati kalian
hari ini?. 我今天很高兴 Wǒ jīntiān hěn gāoxìng —— Hari
ini saya sangat senang.
Kalau ada yang bertanya… 你心情怎么样?Nǐ xīnqíng
zěnme yàng? ——Bagaimana suasana hatimu?
Sahabat Mandarin bisa menjawab dengan menggunakan
beberapa kosa kata berikut …. 一起来 Yī qǐlái!!Yuk~
Contoh percakapan :
Rekaman Lengkap
A : 你怎么了?
A: Nǐ zěnme le?
A: Kamu kenapa?
B : 我心情很不好
B: Wǒ xīnqíng hěn bù hǎo
B : lagi bete nih…
A : 有什么心事吗?
A: Yǒu shé me xīnshì ma?
A : Ada masalah apa?
B : 我跟男朋友分手了
B : Wǒ gēn nán péngyǒu fēnshǒu le
B : Aku putus sama pacarku
A : 啊~真遗憾,你别难过, 找别的男朋友吧。。。
A: A〜zhēn yíhàn, nǐ bié nánguò, zhǎo bié de nán
péngyǒu ba.
A : aduuuh, sayang sekali ya…nggak usah sedih, cari
pacar baru aja…
Kosa Kata
怎么了? Zěnme le? : Kenapa?*
* Untuk menanyakan keadaan seseorang
怎么样?Zěnme yàng? : Bagaimana
心情 Xīnqíng : suasana hati (mood)
心事 Xīnshì : Masalah*
* biasanya untuk masalah yang berhubungan dengan
perasaan
高兴 Gāoxìng :Senang*
开心 Kāixīn :Senang*
* kedua kata ini memiliki arti yang sama, dan
penggunaannya sangat mendekati
快乐 Kuàilè : gembira
幸福 Xìngfú : bahagia
满意 Mǎnyì : Puas
难过 Nánguò : Sedih
烦恼 Fánnǎo : Pusing*
*pusing karena banyak masalah, bukan sakit kepala
辛苦 Xīnkǔ : Melelahkan
失恋 Shīliàn : Patah hati
恋爱 Liànài : Jatuh Cinta
喜欢 Xǐhuan : Suka
讨厌 Tǎoyàn : Sebel
生气 Shēngqì : Marah
郁闷 Yùmèn : lesu
心情不好 Xīnqíng bù hǎo : BeTe